5 Hal Menarik Dari Kawah Ijen Yang Akan Membuatmu Penasaran

5 Hal Menarik Dari Kawah Ijen Yang Akan Membuatmu Penasaran

Kawah Ijen Negeri di atas awan

Kawah Ijen. Gunung Ijen merupakan sebuah gunung berapi aktif, berlokasi diperbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl dan pernah meletus pada tahun 1999.

Dipuncak gunung ijen terdapat sebuah kawah dengan kaldera besar dengan ketinggian 2.443 meter diatas permukaan laut, dan kawah tersebut diberi nama Kawah Ijen. Memang dalam bahasa jawa "Ijen" berarti "sendiri". Tetapi jangan salah, bukan itu maksud dari pemberian nama tersebut, mungkin pemberian nama itu dikarenakan kawah tersebut terletak dipuncak gunung Ijen.

kawah ijen banyuwangi

Kawah Ijen adalah nama sebuah danau kawah yang bersifat asam terbesar di dunia, berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau sekitar 200 meter serta luas kawah mencapai 5.466 Ha juga suhu air bisa mencapai 200 derajat celcius. Kawah Ijen terletak didalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Setiap tahunnya tidak kurang dari 10.000 wisatawan selalu berdatangan untuk membuktikan keindahan Kawah Ijen yang sering disebut-sebut sebagai "negeri diatas awan". Bahkan kawah ijen juga mempunyai keindahan penampakan milky way ijen yang tak kalah bagus daripada milky way di bromo yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Hal menarik dari Kawah Ijen Banyuwangi

Kami mempunyai beberapa hal menarik yang mungkin bisa membuat anda penasaran dan ingin pergi berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

#1 Milky Way Ijen
milky way kawah ijen banyuwangi
Milky way dalam arti kata bahasa Indonesia disebut juga sebagai Bima Sakti. Merupakan suatu gugusan bintang diangkasa dengan pola-pola tertentu dan selalu berganti tergantung musimnya. Moment ini hanya bisa kita lihat ditempat kurang cahaya, biasanya dipegunungan atau dipantai yang tidak terdapat lampu-lampu dipinggirnya. Kawah Ijen sendiri mempunyai keindahan Milky way yang tak kalah menarik dibandingkan dengan milky way di Bromo.

Moment seperti inilah yang selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar fotografer pemburu milky way. Akan tetapi tidak jarang juga jika orang awam yang sekedar mencoba untuk menangkap fenomena alam ini dengan peralatan seadanya. Walaupun hasilnya tidak bisa dibandingkan dengan jepretan para potografer profesional lainnya. Namun, paling tidak mereka cukup terpuaskan dengan hasil karya mereka sendiri. ^_^

#2 Blue Fire Kawah Ijen
blue fire kawah ijen banyuwangi
Blue Fire atau Api Biru merupakan salah satu fenomena nan sangat terkenal di Kawah Ijen. Bahkan popularitasnya mengalahkan danau kawah ijen itu sendiri. Arti kata blue sendiri adalah "biru", sedangkan fire adalah "api". Jadi blue fire bisa dikatakan api biru yang keluar dari kawah.

Fenomena Blue Fire muncul akibat dari panasnya belerang yang muncul di permukaan bumi. Umumnya blue fire terjadi setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00. Hal ini dikatakan unik dan fenomenal karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Kawah Ijen Banyuwangi.

Jadi, bagi anda yang pernah merasakan dan melihatnya sendiri di puncak Ijen harusnya berbangga hati karena moment tersebut tidak terjadi ditempat wisata lain di Indonesia kecuali di Kawah Ijen Banyuwangi.

#3 Sunrise pertama di Jawa
sunrise kawah ijen banyuwangi
Sunrise adalah fenomena alam dimana matahari mulai menunjukkan dirinya disebelah timur. Biasanya terjadi pada pukul 04.30 sampai dengan 06.00. Hal tersebut merupakan suatu hal spesial dan istimewa bagi para wisatawan pemburu sunrise. Adapun hal menarik tentang sunrise adalah gradasi warna langit yang sangat indah dan tidak akan kita temui disaat siang hari.


Kawah Ijen merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Jika anda pergi ke kawah ijen dan berencana untuk melihat sunrise, maka anda adalah orang yang sangat beruntung, karena kawah Ijen adalah tempat melihat sunrise cantik juga bagus serta merupakan sunrise pertama di Jawa Timur.

#4 Penambang Belerang Kawah Ijen
penambang belerang kawah ijen banyuwangi
Ada satu hal lagi yang sangat jarang ditemui di tempat wisata lainnya, yakni adanya penambang belerang yang mengangkut berkilo-kilo belerang untuk dibawa ke pos dengan jarak sekitar 3 kilo diatas kawah. Bagi para fotografer moment tersebut sangatlah unik, apalagi bagi mereka yang menyukai foto bergenre Human Interest (HI).

Para penambang tersebut bisa dikatakan sangat berani, karena mereka harus mengambil belerang dari dasar kawah sarat dengan asap beracun nan tebal, tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Bayangkan saja, mereka hanya menggunakan alat penutup hidung ala kadarnya. Akan tetapi memang dikarenakan tuntutan pekerjaan dan tuntutan untuk mencukupi kebutuhan hidup maka merekapun melakukannya.

#5 Event International Tour de Banyuwangi Ijen
international tour de banyuwangi ijen
Dulunya bernama Tour de Ijen dan sekarang berubah nama menjadi International Tour de Banyuwangi Ijen, merupakan nama dari sebuah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahunnya di Banyuwangi.

Perubahan nama tersebut seiring dengan target penyelenggara untuk merambah skala internasional dan juga untuk memperkenalkan Banyuwangi sebagai tempat wisata menarik di Jawa Timur, Indonesia umumnya kepada dunia Internasional.

Kejuaraan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan merupakan balapan jalan raya jarak jauh dan biasanya diadakan pada bulan November hingga Desember serta berlangsung selama 4 hari lamanya. Tentu saja daerah Ijen masuk kedalam jalur lintasan pada kejuaraan tersebut. Anda bisa menyaksikannya secara langsung pertandingan skala Internasional tersebut dengan mengunjungi langsung Banyuwangi pada bulan tersebut.

Bagaimana? Anda tertarik?

Jika tertarik anda bisa menggunakan salah satu program paket wisata kami. Tidak hanya itu, paket tersebut telah dikolaborasi dengan mengunjungi wisata Baluran. Info lebih detail silakan buka tautan Paket wisata kawah ijen baluran 3 hari 2 malam

Demikian informasi tentang kawah Ijen Banyuwangi semoga bisa menjadi referensi wisata bagi anda yang akan mengunjungi Jawa Timur. Untuk harga serta pemesanan paket wisata bromo silakan menghubungi kontak kami.

Kawah Ijen Banyuwangi

Tags :   milky way ijen blue fire ijen kawah ijen banyuwangi international tour de banyuwangi ijen